RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMPN 2 Subang
Mata Pelajarann : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII/II
Materi Pokok : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tindakan
/ Kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau.
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Pertemuan)
Pertemuan ke : 1
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
3.11. Menerapkan struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.13. Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi
diwaktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C.
Indikator :
3.11.1 Siswa mampu menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan tentang kejadian yang
terjadi diwaktu lampau.
3.11.2 Siswa mampu menyatakan / menanyakan kejadian
yang terjadi diwaktu lampau.
4.13.1 Siswa mampu menyusun kalimat pendek sederhana
tentang kegiatan/peristiwa diwaktu lampau berdasarkan pengalaman pribadi siswa.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari subtopic dari teks recount siswa diharapkan mampu:
§ Terampil memahami, menyatakan dan menanyakan teks lisan
dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi diwaktu lampau.
§ Menyusun, menceritakan, menjelaskan dengan struktur teks
yang runtut dengan unsur kebahasaan yang
benar sesuai konteks, secara jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab,
peduli, kerjasama dan cinta damai (sikap, pengetahuan, ketrampilan).
§ Membuat teks dengan kalimat sederhana mengenai
kejadian/peristiwa yang dialami siswa yang terjadi diwaktu lampau dalam bentuk
scrapbook.
E. Materi Pembelajaran
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/
kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau.
·
Fungsi sosial
Menyatakan dan menjelaskan teks recount pendek dan
sederhana.
·
Unsur kebahasaan
-
Kata kerja dalam simple past tense.
-
kata sambung when, while, after, dll.
-
Penggunaan nomonal singular dan plural secara tepat
dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam
frasa nominal.
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi.
-
Ejaan dan tanda baca.
-
Tulisan tangan.
·
Struktur teks
a. What did
you do after school yesterday?
My brother and i went fising in the river
b. Where did
they spend their last holiday?
I went to
Yogyakarta to Studytour last holiday
Simple Past Tense
S + V2 + O
|
S + (WAS/WERE) + O
|
·
Last
years
·
Last
week
·
Yesterday
·
5
years ago
·
Five
minutes ago
·
Dst
Pertemuan ke-1
Task
Siswa secara individual membuat kalimat
Positif, Negatif dan Interogatif Simpel Past Tense.
Make
a sentences (+), (-), and (?) with this word and change into Simple Past Tense
!
1. study
(+) He studied
english yesterday.
(-) He did
not study english yesterday.
(?) did
he study english yesterday ?.
.
F.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific Approach
2.
Metode : Cooperative Learning
G.
Media, alat dan sumber pembelajaran
1.
Media : Whiteboard
2.
Alat : Spidol.
3.
Sumber
belajar : Buku siswa “ When
English Rings a Bell ” kelas VIII
H.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
|
Siwa
|
Guru
|
||
Pendahuluan
|
-
Salam
-
Berdoa
-
Mengecek daftar hadir
-
Apersepsi
-
Menjelaskan kompetensi serta tujuan pembelajaran
|
-
Salam
-
Meminta KM memimpin doa
-
Memberikan motivasi dan apersepsi
-
Memeriksa kehadiran siswa
-
Meminta siswa untuk mempersiapkan kerja secara individual.
-
Menginformasikan tujuan pembelajaran.
|
5
menit
|
Inti
|
1. Observing
·
Mengamati gambar
· Menirukan
kalimat-kalimat yang diucapkan/dicontohkan oleh guru
2. Questioning
·
Menanyakan berbagai hal mengenai kalimat yang
berkaitan dengan gambar
3.
Collecting Data
·
Mengumpulkan informasi yang ada didalam buku paket
mereka punya
·
Mencari informasi struktur teks yang berkaaitan
dengan teks dan unsur kebahasaan dalam teks.
4.
Associating
·
Membuat kalimat – kalimat yang berkaitan dengan kejadian
di masa lampau.
5.
Communicating
· Secara bergantian
membacakan teks yang ditulisnya dalam bentuk kalimat past tense.
|
· Menunjukan
gambar yang berkaitan dengan peristiwa masa lampau
· Memancing
siswa untuk bertanya
· Membimbing
siswa untuk mencari dan mengumpulkan informasi dengan bertanya jawab dengan temannya
dari kelompok lain
· Guru meminta
siswa secara berkelompok membuat teks sederhana tentang pengalaman masa
lampau dalam bentuk past tense
· Guru meminta
siswa membacakan hasil kerja siswa didepan kelas secara bergantian
|
10
menit
10
menit
15
menit
20
menit
15
menit
|
Penutup
|
1
Membuat rangkuman / simpulan.
2
Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan
3
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
4
Memberikan penilaian/refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan secara konsisten secara terprogram
5
Memberikan tugas individu / kelompok
6
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
5
menit
|
I. Penilaian
Jenis/teknik
penilaian
Aspek
pengetahuan : tes
Aspek
ketrampilan : tes keterampilan
menulis (Writing Skill)
Bentuk instrumen : Tes ketrampilan menulis (Writing
Skill)
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Keaslian
penulisan
|
1-5
|
2.
|
Kesesuaian
isi dengan judul
|
1-5
|
3.
|
Keruntutan
teks
|
1-5
|
4.
|
Pilihan
kosa kata
|
1-5
|
5.
|
Pilihan
tata bahasa
|
1-5
|
6.
|
Penulisan
kosa kata
|
1-5
|
7.
|
Kerapihan
tulisan
|
2-5
|
Subang, 16
maret 2015
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar